TPA Makara : Review

Baru sadar ini postingan terakhir hampir setaun yang lalu. Terimakasih Tuhan di akhir tahun, akhirnya niat nulis muncul lagi. Ini asli ngumpulin niatnya udah macem ngumpulin niat mau mandi pagi pas ujan di weekend. Duhelah tu analogi. Nah postingan kali ini akan mereview KB Makara, sekolah Naya waktu masih cimit. Sekarang sih Naya nya udah jadi anak TK. Yah namanya juga hidup ya, lama-lama akuh pasti akan punya postingan macem beginian.

Kalo boleh cerita sedikit, pemilihan KB Makara jadi sekolah Naya hanya karena tu sekolah deket kantor emaknya. Wkwkwkw. Sebelah-sebelahan fakultas tempat si ibu kerja. Niatnya mah sekolah dianter ibu, pulang dijemput ibu, enin dan aki. Walaupun pada kenyataannya seringannya aki dan enin aja yang jemput.

Naya waktu itu umurnya 2 tahun 9 bulan dan awalnya saya iseng-iseng aja nanya ke Makara apakah ada slot yang kosong untuk ke kelas TPAM. Ternyata ada. Padahal info yang saya denger itu sekolahan masuknya kudu antri beberapa tahun sebelumnya. Karena lokasinya yang ada di UI, bisa jadi udah diincer sama karyawan atau dosen yang mau nitipin anaknya sekolah. Masuk akal dong. Ah entahlah. Yang jelas yeayers, Naya masup cekolah!

Sebelum “resmi” jadi anak KB Makara, Naya harus ikut trial selama 5x (biaya kalo gak salah 350.000) dan wajib ditemani orangtua. Ini emang strategi ajib banget sih, kebijakan sekolah yang saya apresiasi banget. Sebelum si anak ngerasa nyaman di lingkungan baru terus dipisahkan dari ibunya,maka jadi hal yang wajar kalo pada akhirnya banyak yang mewek di kelas. Trial pertama berjalan lancar, ya ada dorama-dorama dikit lah seperti gak mao ikutan nyanyi, gerak, dsb. Malah minta tidur di kelas sambil digendong. Zzz. Tapi menurut saya mah fine lah. Wong hari pertama. Trial kedua okelah, si ibu udah mulai bisa kabur. Trial ketiga, aku bisa lolos dari kelas. Trial keempat, Naya di kelas, ibu berangkat kerja. LANCAR CYIN/SIS. Karena umurnya belum genap 3 tahun, Naya masuk kelompok bermain anak usia 2-3 tahun.

Nah akhirnya hari-hari dimulai dengan kerempongan siapin Naya ke sekolah. Eh tapi jangan sedih, sekolahnya di semester pertama Naya seminggu 2x ajyah. Sekolahnya seru dan gemes. Orangtua dikasih semacam SAP/BRP kegiatan anak bulan ini ngapain aja. Kegiatan indoor dan outdoor seimbang. Malah banyak banget outdoor nya kayaknya, which is fun. Adalah kadang anak-anak ini diajak liat wayang di fakultas sebelah. Buat kita mah ga ada tantangannya kali ah jalan dari Fak. Psikologi ke FIB via FISIP (wad nak UI pasti paham jalurnya). Tapi kalo untuk anak-anak kecil yang kakinya masih pendek-pendek ini pasti jalan ke Fak. Psikologi ke FIB jadi perjuangan dong. Berasa offroad kali anak-anak ini. Selain tur ke fakultas sebelah, trip pun bisa ke luar area UI. Naya sempat juga diajak ke Polisi Satwa di Kelapa Dua naek Bikun Cuma sama gurunya aja. Pulang-pulang teler. Wekekeke.

Dalam satu semester, anak-anak rutin diperiksa pertumbuhan dan giginya sama tim dari FKUI dan FKGUI. Laporannya nanti dikasih ke orangtua. Pas pembagian laporan pun kita boleh diskusi sama dokter gigi, misalnya cara merawat gigi yang bener tuh kayak apa si bu dokter, pak dokter. Guru-guru pun enak banget diajak diskusi. Setiap bulan anak-anak ada jadwal berenang (kalo cuaca bagus) dan menabung ke bank. Ga nyangka aja kegiatan nabung ke bank bisa banget jadi pelajaran untuk anak. Hihauhau. Buat saya sepele, ternyata berdampak besar untuk perkembangan anak.

img_8013

Field trip Wayang dan Gamelan di FIB UI

img_6558

Persiapan Fieldtrip ke Brimob Kelapa Dua. Maaf gambarnya hacep. Yang penting hati jenggong


img_6496

Odong-odong nyupir sendiri


img_5766

Teras. Foto di dalam kelas entahlah dimana


img_6543

Perosotan pasir yang suka bikin anak ga mau pulang

Di semester kedua, Naya pindah ke kelompok anak usia 3-4 tahun. Otomatis jam sekolah bertambah jadi 3x/seminggu. Lalu ibu modyar. Di bulan Oktober, papa saya harus dirawat di rumah sakit dan setelahnya ga boleh nyetir untuk waktu yang tidak ditentukan. Apalah aku, menyetir bukanlah bakatku, kecuali menyetir sepeda dan menyetir….hatimu. Sempet pake supir untuk anter jemput, pada akhirnya di bulan April 2016 aku menyerah. Alias sampe disini aja sekolah Naya di KB Makara. Sempet bimbang dan galau. Pertama, konsep sekolah ini saya suka banget. Terutama kegiatan-kegiatannya bener-bener menggali potensi anak. Kedua, Naya juga udah cinta banget sama bu gulu dan temen-temennya. Di pindah ke sekolah laen pun ogah masuk. Pengennya ke sekolah bu Ocha dan bu Yani.

Nah mamah mamah dan papah papah yang lagi galau mau dikemanakankah anak-anaknya supaya bisa sekolah sambil maen, cobalah dateng ke KB Makara. Kontaknya ada dibawah. Kemudian…

Seperti peribahasa, ada pertemuan maka ada perpisahan, maka sekian dulu review nya. Dikit yaaaaa?. Semoga di sisa 2016 ini, saya semangat lagi ya mengisi blog kesayangan ini.

TPA Makara :

tpamakara.com

Gedung TPA Makara
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Kampus Depok – Jawa Barat

Telp: 021-7270004/5 ext.1702 atau 021-78881082
Fax: 021-78881082

Love from the Fox *cipok*

Leave a comment